Visi dan Misi

Visi dan Misi

Visi

Menjadi Program Studi Magister Desain Produk yang unggul, terkemuka, andal, memiliki reputasi berstandar Internasional dalma ilmu pengetahuan. teknologi, seni dan desain dengan mengedepankan pada permasalahan serta kepentingan budaya urban, guna menigkatkan kualitas hidup dan peradaban.

Misi

  1. Meningkatkan peranserta Program Studi Magister Desain Produk FSRD Usakti dalam menghasilkan sumber daya manusia yang unggul, terkemuka, andal, memiliki reputasi berstandar internasional dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan desain (IPTEKSEN) di tengah budaya urban, guna meningkatkan kualitas hidup dan peradaban di dalam kegiatan pendidikan dan pengajaran yang mengacu pada Trikrama Universitas, yaitu berlandaskan : 1) Takwa, Tekun, Trampil; 2) Asah, Asih, Asuh; serta 3) Satria, Setia, Sportif.
  2. Meningkatkan kegiatan penelitian di dalam mengembangkan ilmu pengetahuan Seni Rupa dan Desain, dengan mengangkat seni dan kearifan lokal, serta memerhatikan perkembangan ilmu pengetahuan, kemajuan teknologi, dan menjawab permasalahan masyarakat urban guna meningkatkan kualitas hidup dan peradaban.
  3. Meningkatkan peranserta Program Studi Magister Desain Produk, FSRD Usakti dalam mendukung kebutuhan masyarakat urban yang berkenaan dengan ilmu Seni Rupa dan Desain yang bekerjasama dengan pihak industri, pemerintah, institusi, asosiasi profesi dan stakeholder melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat.
  4. Meningkatkan komitmen Program Studi Magister Desain Produk, FSRD Usakti dalam menegakkan Good University Governance, hingga terbangunnya tata pamong lembaga pendidikan yang kredibel, transparan, akuntabel, tanggung jawab, dan adil.

Tujuan

  1. Mewujudkan Visi, Misi, Tujuan, Sasaran (VMTS) Program Magister Desain Produk FSRD Usakti, melalui peningkatan pemahaman oleh pemangku kepentingan dan menjadikannya sebagai pedoman penyelenggaraan Tridarma Perguruan Tinggi.
  2. Memantapkan pelaksanaan Good University Governance guna tercipta tata pamong pengelolaan lembaga pendidikan tinggi yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggungjawab, dan adil. Dengan cara menyiapkan sumber daya manusia yang dapat memimpin dan mengelola Program Magister Desain Produk secara bertanggungjawab, profesional, loyal, dan kritis terhadap almamater dengan prinsip keterbukaan dan kepemimpinan yang demokratis dan peduli terhadap kinerja institusi.
  3. Menghasilkan lulusan Magister Desain Produk yang berpengetahuan, berbudi luhur, cerdas, sehat, mandiri, kreatif, inovatif, menghargai dan memiliki kepekaan sosial dengan permasalahan budaya urban, serta mampu berkomunikasi, bekerjasama, mempunyai jiwa kewirausahaan (entrepreneurship) dan memiliki daya saing global.
  4. Meningkatkan kuallifikasi dan kompetensi sumber daya manusia lulusan Magister Desain Produk yang tetap mempertahankan tradisi serta kearifan local khususnya yang mengedepankan kepentingan masyarakat urban, tanpa melupakan ilmu pengetahuan, kemajuan teknologi  dengan standar internasional, guna meningkatkan daya saing bangsa.
  5. Mewujudkan budaya akademik yang memacu pengembangan diri melalui proses penyelenggaraan Tridarma Perguruan Tinggi yang produktif, efektif dan efesien, peka lingkungan, tidak melupakan tradisi dan kearifan lokal, dalam ikut membangun masyarakat adab (civil society) secara keseluruhan serta masyarakat urban pada khususnya.
  6. Mengoptimalkan pelayanan pendidikan tinggi Seni Rupa dan Desain secara merata dengan meningkatkan sistem pengelolaan yang mengikuti standar internasional (misalnya : AUN, QS, dan/atau ISO) yang menciptakan tercapainya budaya akademik, sehingga meningkatkan kualitas, didukung dengan ketersediaan sarana prasarana, dana, dan sistem informasi, guna terlaksananya Tridarma Perguruan Tinggi.
  7. Memantapkan budaya meneliti di bidang Seni Rupa dan Desain, publikasi ilmiah di dalam dan di luar negeri, serta menyumbangkan karya nyata yang bermanfaat kepada masyarakat, bangsa dan negara untuk meningkatkan kualitas hidup dan peradaban, terutama kualitas hidup masyarakat urban dan peradaban kota.
  8. Mengembangkan kemitraan dalam dan luar negeri pada bidang keilmuan Seni Rupa dan Desain, dengan berbagai institusi, asosiasi profesi, dunia industri, pemerintah, dan masyarakat.
  9. Menjadikan program studi Magister Desain Produk sebagai program studi yang terdepan dalam menyelesaikan permasalahan bangsa terhadap konstelasi kepentingan / kebutuhan masyarakat urban.
Sasaran
  1. Penguatan integritas program pendidikan, penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat, khususnya terhadap kepentingan serta kebutuhan masyarakat urban, yang menumbuhkan suasana akademik yang kondusif, prestatif, dan bertanggungjawab.
  2. Penguatan kapasitas dan kapabilitas pusat studi dan laboratorium, guna mengantisipasi kompetensi kerja bersama dengan industri (link and match).
  3. Penguatan pengelolaan universitas yang berpegang pada prinsip-prinsip Good University Govermence.